https://images.ctfassets.net/uhwn5kvabnul/3XirSVCEngE7t0nEAAoo2z/8117b709ac9ed270f61145634b9d1376/social_default_logo.png

Setelah melalang buana untuk mencari Virtual Private Server untuk kebutuhan pribadi, mulai dari Vultr, Upcloud, VPServer, OVH, Scaleway, dan beberapa Provider lainnya yang ga kehitung banyaknya yang udah saya coba. Akhirnya saya dipertemukan dengan sebuah article di Website tentang Contabo, sebuah Provider penyedia asal German yang terkenal akan Budget Valuenya.

Contabo menyediakan service VDS (Virtual Dedicated Server) dan juga Dedicated Server.

Mungkin banyak yang masih bertanya,

Apasih bedanya VPS dengan VDS ?

Secara Umum, VPS adalah sebuah Virtual Server yang memberikan resource shared (dibagi bersama) dalam sebuah Dedicated Server, baik itu CPU, SSD/NVME dan juga RAM. Maka jangan heran, apabila kita menyewa sebuah VPS dari suatu Provider dengan jumlah CPU/RAM/Storage yang besar, namun hasil yang kita dapat tidak sesuai dengan yang kita harapkan.

Sedangkan VDS, adalah sebuah Virtual Dedicated Server yang memberikan full resources dan juga support dengan Hyperthreading. Biasanya, VDS ini digunakan oleh orang yang ingin menjual sebuah VPS.

Paket Contabo yang saya ambil adalah VPS-S, dimana fasilitas yang diberikan sangat jauh dari ekspektasi dari harga yang diberikan.

(Harga VPS Contabo)

Dengan 4 vCPU / 8 RAM / 200GB SSD serta 32TB Traffic, rasanya belum ada provider lainnya yang memberikan hal gila seperti ini.

Di awal saya sempat berfikir, biasanya kalau ada provider yang memberikan fasilitas yang “wah” serta harga yang terjangkau, maka hasil yang didapat rata-rata pasti mengecewakan. Karena pengalaman saya yang sudah banyak mencoba berbagai Provider penyedia layanan VPS didunia maya.

Ternyata setelah melewati proses registrasi serta order di Contabo (akan saya buatkan artikel khusus), akhirnya semua ke-khawatiran saya terbayarkan dengan hasil yang luar biasa. Saya mengambil paket SSD dengan 200GB dikarenakan VPS akan saya gunakan untuk kepentingan pribadi dalam penyimpanan data, namun hasilnya sudah sangat baik.

Berikut saya lampirkan hasil Benchmark untuk Paket VPS-S dengan 200GB SSD

( Hasil Benchmark VPS-S dengan 200GB SSD )

Insya Allah nanti akan saya buatkan Artikel terkait “Bagaimana cara melakukan Order VPS Contabo”, dikarenakan memang Contabo sangat berbeda dengan Provider VPS lainnya dalam hal tersebut.