Xiaomi .. ?

Pasti kenal donk dengan merk Handphone yang satu ini ?

Yup, Xiaomi sudah dikenal dengan Handphone murah tapi ga murahan. Disamping memang harganya yang relatif jauh lebih murah untuk tipe dikelasnya, xiaomi juga tidak mengurangi performance seperti vendor-vendor lainnya.

Awal bulan November 2016 kemarin Xiaomi kembali merilis smartphone terbaru mereka yang diberi nama Xiaomi Redmi 4. Kehadiran Xiaomi Redmi 4 ini tentunya meneruskan kesuksesan smartphone seri sebelumnya yang sampai kini pun masih banyak peminatnya yaitu Xiaomi Redmi 3s Prime. Namun tentunya kehadiran Xiaomi Redmi 4 ini sudah mengalami perubahan yang signifikan dari segi hardware. Yang jelas jika dilihat secara keseluruhan dari performanya, Xiaomi Redmi 4 lebih unggul jika dibandingkan pendahulunya Xiaomi Redmi 3s Prime.

Secara garis besar Gadget yang satu ini bisa dibilang “GAHAR”.. Selain bodynya yang sudah dibalut dengan Metal dan juga beratnya ga nanggung2 yaitu sekitar 156g.. selisih lebih dari 10g dibandingkan dengan pendahulunya Xiaomi Redmi 3s Prime.

Untuk mencari warna Dark Grey memang bisa dibilang susah untuk tempat dimana domisili gw berada, jadi mau ga mau gw cuma bisa dapet yang warna Putih Silver, but setelah diliat-liat lagi… NOT BAD AT ALL.. 

DISPLAY

Untuk ukuran layar mengusung 5 Inch dengan Pixel Density jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Tipe Redmi 4 yang lain yaitu sebesar 441 ppi. Resolusi yang dihasilkan Xiaomi Redmi 4 Prime ini adalah FULL HD 1920 x 1080.  Untuk Layar Xiaomi Redmi 4 Prime ini sudah mengadopsi 2.5D yang melengkung.

PERFORMANCE

Untuk urusan dapur pacu, Xiaomi Redmi 4 Prime ini sudah dibekali dengan Chipset Qualcomm SnapDragon 625 dan CPU 8 Core @2.0 Ghz serta RAM sebesar 3GB. Chipset Qualcomm SnapDragon 625 di claim irit battery yang biasa juga di gunakan oleh ASUS ZENFONE 3, sehingga gadget ini bisa menemani gw satu hari tanpa harus charge ulang battery.

Untuk GPU, Redmi 4 Prime sudah di dukung oleh Adreno 506. Score Antutu yang dihasil oleh sebuah Xiaomi Redmi 4 Prime tidaklah mengecewakan, satu kali saya coba check langsung mendapat score sekitar 64rb-an. Untuk masalah gaming gw kurang bisa memberikan review karena ga hobi maen Game.. hahahaha  -.-‘

Seperti Variant Redmi lainnya, Xiaomi Redmi 4 Prime dibekali dengan Battery 4100 Non Removable mAh yang bisa bertahan dengan SOT (Screen On Time) hingga 10 Jam.

STORAGE

Dari segi internal memory, Xiaomi Redmi 4 Prime dibekali internal memory berukuran 32GB yang saya rasa cukup besar lah. Sedangkan RAM yang dipakai berukuran 3GB. Belum sampai di situ, jika anda masih merasa kurang dengan kapasitas internal memory 32GB, masih disedikan slot MicroSD yang bisa diisi hingga 256GB. Slot MicroSD yang dipakai adalah tipe hybrid yang dipasang pada slot SIM 2, jadi dalam penggunaannya harus bergantian dengan SIM 2, tidak bisa digunakan bersamaan (SIM 2 + MicroSD).

CAMERA

Kamera yang dibenamkan pada Xiaomi Redmi 4 Prime berkekuatan 13MP di kamera utama dan untuk kamera sekunder sebesar 5MP. Kamera utama Redmi 4 Prime didukung oleh lampu LED Flash dual tone yang berada di sisi sebelah kanan kamera. Tepat di sisi bawah kamera ada sensor sidik jari. Sensor sidik jari pada Redmi 4 Prime ini bisa berfungsi langsung ditempel tanpa harus menyalakan layar dulu. Jadi dalam kondisi ponsel sleep, anda tempelkan jari ke sensor maka ponsel akan bangun/ nyala.

CUSTOM ROM

Untuk bagian ini, Xiaomi Redmi 4 Prime bisa dibilang cukup mengecewakan, karena Developer yang terbilang sedikit. Namun untuk Custom Rom MIUI bisa terbilang banyak, salah satu yang sangat saya sukai adalah MIUIPro.ru . Untuk TWRP sampai saat ini sudah ada versi 3.1.1.0 Brigudav.

Mungkin itu review yang bisa gw share, rencana dalam waktu dekat akan membuat Review Xiaomi Mi5