Video by : KHB Youtube Official

Pengantar Sirah Nabawiyah oleh Ustadz Khalid Basalamah yang menceritakan jauh tentang history awal sebelum Nabi ﷺ lahir dan tinggal di Makkah yang dimulai dari Nabi Ibrahim عليه السلام.

Nabi Ibrahim عليه السلام, tinggal di Babilonia, dimana disana mayoritas menyembah Berhala dan juga tinggal disana Raja Namrud. Nabi Ibrahim عليه السلام tumbuh besar dengan tidak mempercayai akan tuhan berhala yang disembah oleh masyarakat di babilonia. Kemudian Nabi Ibrahim عليه السلام sampai dititik dimana beliau mencari Tuhannya melalui Bulan dan juga Matahari dan diakhiri dengan keyakinan bahwa Tuhan itu Esa dan tiada yang bisa disembah kecuali Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى

Kemudian setelah menyelesaikan Tugasnya sebagai Nabi di babilonia, maka Nabi Ibrahim عليه السلام, mendapat perintah untuk pergi ke syam, dan disanalah Nabi Ibrahim عليه السلام mendapatkan Istri keduanya Hajar dan melahirkan Nabi Ismail عليه السلام.

Kemudian Nabi Ibrahim عليه السلام mendapat Perintah dari Allah سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى untuk membawa Hajar beserta Ismail عليه السلام ke-sebuah lembah dipadang pasir dan meninggalkannya disana.