DMARC adalah sebuah spesifikasi teknis yang dibuat oleh sekelompok organisasi yang ingin membantu mengurangi potensi penyalahgunaan email dengan metode email authentication protocol. cara kerjanya hampir sama seperti dengan SPF namun metodenya dan fungsinya sedikit berbeda. Meskipun begitu nampaknya saat ini DMARC merupakan salah satu komponen penting juga yang kudu dikonfigurasi pada email system kita yang sudah established untuk meningkatkan email integrity.

Illustrasi Prinsip Kerja DMARC

DMARC melakukan standarisasi dengan mendeteksi bagaimana penerima email menjalankan autentikasi menggunakan mekanisme well-known SPF & DKIM yang telah ada di record DNS. Hal ini biasanya akan berdampak pada user experience pengirim email tersebut karna email yg dikirim akan menerima “Consistent Authentication Results” dari setiap penerima email mereka yg juga menjalankan mekanisme DMARC, yang jelas dengan menggunakan mekanisme ini komunikasi email yang terjadi antara pengirim dan penerima akan menjadi lebih reliable.

Melalui Tutorial ini, saya akan menerangkan bagaimana menambah DNS Record DMARC di cPanel.

Hal pertama adalah pastikan fitur Zone Editor sudah tersedia di cPanel anda, apabila belum silahkan untuk menghubungi Administrator server anda. Belihosting.NET sudah memberikan fitur ini secara default pada saat anda menjadi client kami.

Apabila sudah, maka klik Fitur Zone Editor tersebut dan anda akan membuka fitur Management DNS Record yang dengan ini kita bisa melakukan penambahan record DMARC di Domain kita. Setelah itu klik Manage.

Difitur ini kita bisa melihat semu DNS Record Domain kita dan juga kita bisa melakukan penghapusan atau penambahan DNS Record seperti saat ini kita akan menambahkan DMARC Record di DNS kita. Klik Tombol Panah kebawah pada Tab [+ Add Record], kemudian pilih Add DMARC Record.

Setelah itu secara default cPanel akan melakukan Generate DMARC record, anda cukup menyesuaikan fitur yang ada dan ditambah memasukkan alamat Email anda di kolom Send Aggregate Mail Report. Setelah itu klik Add Record maka DMARC Record sudah ada didalam DNS Record Domain anda.

Untuk melakukan pengecekan apakah DMARC Record yang sudah kita buat terdeteksi, maka kita harus melakukan verifikasi DMARC di MXTOOLBOX